Dengar Kata Ahli: Sekarang Saatnya Beli Properti

Dengar Kata Ahli: Sekarang Saatnya Beli Properti

Sektor properti disebut bisa lebih cepat pulih dibandingkan sektor bisnis yang lain. Hal ini tidak terlepas karena besarnya pasar dan kebutuhan masyarakat khususnya akan produk hunian. Karena itu pemerintah mengeluarkan berbagai insentif untuk terus mendorong kinerja bisnis padat modal ini.

Berbagai kendala maupun pelemahan bisnis khususnya yang diakibatkan karena pandemi Covid-19 justru membuat situasi pasar lebih menguntungkan dari sisi konsumen. Berbagai kalangan pengamat maupun pakar properti kerap mengemukakan saat ini situasi yang tepat untuk membeli produk properti.

Menurut Presiden Direktur Era Indonesia Darmadi Darmawangsa, situasi pasar properti saat ini juga telah lebih stabil dengan tren yang terus meningkat dan itu menjadi indikator yang baik bagi masyarakat untuk segera membeli. Era Indonesia merupakan perusahaan broker properti.

“Saat ini ada banyak kemudahan yang diberikan baik dari pemerintah, pengembang, maupun perbankan makanya ini menjadi timing yang tepat untuk membeli. Situasi yang stabil dengan tren yang terus meningkat akan membuat sektor properti memasuki masa booming pasca pemulihan ekonomi,” katanya.

Darmadi mengistilahkan situasi bisnis properti dengan blooming to booming dan untuk memperbesar keuntungan baiknya membeli saat situasi transisi seperti ini. Saat nanti sektor properti mengalami masa booming-nya, berbagai kemudahan yang diterapkan saat ini tidak akan ada lagi.

Masyarakat harus segera memanfaatkan pemberlakuan stimulus pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) yang akan berakhir pada akhir bulan ini. Insentif ini memberikan kemudahan PPN sebesar 50 persen yang merupakan perpanjangan stimulus yang diterapkan sejak tahun lalu.

Selain itu situasi transisi pada sektor properti ini digambarkan juga dengan masa membekunya pasar ke situasi yang mulai memanas dan itu memang perlu didorong dengan berbagai stimulus. Bukan hanya stimulus dari pemerintah, kalangan pengembang dann perbankan juga memberikan berbagai gimmick sehingga kemudahan yang diberikan sifatnya sekaligus.

“Makanya banyak pengembang yang menggelar gathering hingga menyasar penjualan sekaligus atau bulk sales. Itu untuk mempercepat penyerapan produknya yang kemarin menjadi stok karena perlambatan penjualan akibat pandemi. Situasi ini yang harus dimaksimalkan oleh konsumen untuk segera membeli karena kalau timing ini lewat maka akan dikenakan harga normal dan berbagai gimmick kemudahan ini tidak ada lagi,” jelasnya.

 

Sumber: https://www.rumah.com/berita-properti/2022/6/205158/dengar-kata-ahli-sekarang-saatnya-beli-properti