"Citayam Fashion Week" Kian Tenar, Gubernur hingga Penyanyi "Dompleng" Popularitas Kawasan Dukuh Atas

"Citayam Fashion Week" Kian Tenar, Gubernur hingga Penyanyi "Dompleng" Popularitas Kawasan Dukuh Atas

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena "Citayam Fashion Week" belakangan semakin menarik perhatian dan diperbincangkan di media sosial. Istilah "Citayam Fashion Week" menjadi kian populer setelah sejumlah remaja dari sekitaran Jakarta mengenakan pakaian unik dan nongkrong di seputaran Dukuh Atas, Jakarta Pusat, pada akhir pekan lalu. Kendati demikian, pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Yoga, meyakini fenomena itu tidak akan berlangsung lama. Hal itu, membuat sejumlah pesohor berlomba memanfaatkan momentum tersebut.

"(Mereka) cenderung memanfaatkan ketenaran sesaat itu untuk keperluan pemerintah, kampanye, atau kegiatan lainnya. Model seperti ini juga tidak akan bertahan lama," tutur Nirwono kepada Kompas.com, Selasa (19/7/2022). Sejumlah nama pesohor memang muncul di tengah ingar-bingar kepopuleran kawasan Dukuh Atas, mulai dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga penyanyi Yuni Shara.

Anies Baswedan dan Tamu dari Eropa "Catwalk" Bersama

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melenggangkan kaki di lokasi penyebrangan jalan yang sebelumnya dijadikan tempat remaja SCBD alias Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok. Tidak berjalan sendiri, Anies juga ditemani Wakil Presiden Bank Investasi Eropa Kris Peeters dan sejumlah tamu dari benua biru lainnya di penyebrangan jalan tersebut. Momen tersebut ditangkap kamera usai Anies beserta sejumlah tamunya itu menyelesaikan pertemuan terkait dengan investasi dalam pembiayaan pembangunan transportasi Jakarta khususnya Moda Raya Terpadu (MRT).

Menurut Anies, sejumlah petinggi Eropa tersebut terheran-heran melihat bagaimana anak-anak muda menggunakan tempat penyeberangan jalan menjadi catwalk. "Itulah anak muda. Anak muda itu selalu bisa melihat dengan perspektif baru, perspektif yang tidak terpikirkan sebelumnya, mereka mewakili masa depan, jadi kami kasih kesempatan itu," ujar Anies.

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menunjuk pegiat media sosial, Jasmine Latika atau Jeje "Slebew" untuk membuat konten edukasi kebersihan di Dukuh Atas, Jakarta. Kawasan ini belakangan menjadi viral di kalangan anak muda sebagai tempat berkumpul dengan nama "SCBD" alias Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok.

"Kami nilai efektif karena mereka punya pengaruh khususnya anak-anak seusianya dan menjadi sosok yang kini ramai di media sosial," kata Kepala Seksi Humas Dinas LH DKI Jakarta Yogi Ikhwan dilansir dari Antara, Jumat (15/7/2022). Selain menggandeng gadis berusia 16 tahun itu, DLH DKI juga mengajak teman pria Jeje, yakni Bonge yang berasal dari Bojonggede untuk bersama membuat konten edukasi kebersihan dan ketertiban di kawasan "SCBD".

Tawaran Beasiswa Sandiaga untuk Remaja SCBD

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai tren remaja Citayam dapat membantu pariwisata dalam negeri, lewat konten-konten mereka yang dibuat dan diunggah ke media sosial. Oleh karena itu, Sandiaga berencana memberikan beasiswa sekolah pariwisata kepada mereka yang dinilai berpotensi mendukung pariwisata Indonesia. "Menurut saya kalau mereka berbakat sebagai agen-agen promosi dari destinasi wisata itu, bisa kami rangkul, dan kami berikan pelatihan, dan mungkin nanti kita berikan beasiswa ke Politeknik Pariwisata," kata Sandiaga, Jumat (8/7/2022).

Lebih lanjut, Sandiaga menilai konten-konten yang dibuat para ABG Citayam ini dikemas dengan menarik dan kekinian. "Kebetulan kami ada Politeknik Pariwisata NHI Bandung, tidak jauh dari Citayam untuk mengembangkan bakatnya," tutur Sandiaga.

Curi Perhatian Si Model Kembar

"Citayam Fashion Week" yang mulanya berasal dari sejumlah remaja asal Citayam yang kerap nongkrong dengan busana nyentrik, kini juga menarik perhatian model profesional untuk ikut adu gaya di sana. Misalnya model kembar jebolan ajang Asia's Next Top Model (AsNTM) cycle 5, Valerie dan Veronica.

Veronika pun mengaku takjub dengan ramainya para remaja yang nongkrong dan beradu fashion di kawasan dukuh atas. Ia bahkan menyebut Citayam Fashion Week sebagai gelaran catwalk paling ramai yang pernah dilakoninya. "Kayaknya ini fashion show teramai sepanjang sejarah aku modelling deh. Awalnya malu lama-lama seru," kata Veronika dalam status di akun Instagramnya @veronika.twns. Bahkan, Veronika dan Valerie pun menantang para remaja untuk berjalan di atas "catwalk" zebra cross bersama mereka.

Ivan Gunawan Merangkul Roy

Presenter sekaligus desainer busana Ivan Gunawan memajang fotonya bersama salah satu ikon Citayam Fashion Week, Roy. Ivan tampak merangkul bahu Roy yang mengenakan kacamata hitam. Mereka lalu berpose bak tengah berjalan di zebra cross kawasan Dukuh Atas yang selama ini terkenal sebagai julukan SCBD.

"Ini gaya kita kalau lagi ikutan fashion week. Kalau kalian gimana gayanya?" tulis Ivan Gunawan di akun @ivan_gunawan, dikutip Selasa (19/7/2022).

Promo Lagu Baru Yuni Shara

Memanfaatkan fenomena yang tengah viral, penyanyi Yuni Shara mengajak anak remaja yang nongkrong di dekat stasiun Sudirman untuk mendengarkan lagu terbarunya berjudul Tanda Tanda. Dalam video yang diunggahnya, Yuni Shara membagikan cuplikan sebagian remaja menggunakan perangkat jemala atau headset.

"Aaah... Anak anak muda 'Citayem Fashion Week' Asiiik banget kaliaaan.. Nyantai," tulis Yuni Shara dikutip dari Instagram @yunishara36, Selasa (19/7/2022). Setelah diperdengarkan lagu "Tanda-Tanda", anak-anak remaja tersebut diminta untuk berpendapat mengenai lagunya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Citayam Fashion Week" Kian Tenar, Gubernur hingga Penyanyi "Dompleng" Popularitas Kawasan Dukuh Atas", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/07/20/05000091/citayam-fashion-week-kian-tenar-gubernur-hingga-penyanyi-dompleng?page=all.
Penulis : Larissa Huda
Editor : Larissa Huda

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L